Lemak Lele Sale

Lemak Lele Sale
Mamak saya sangat jago memasak. Masakannya selalu kami rindukan. Nah, kemarin besan tetangga saya yang berasal dari Gayo Lues memberikan oleh-oleh berupa ikan lele yang disale. Sale adalah proses pengasapan ikan hingga berwarna kehitaman. Namun saya juga tidak tahu pasti detil prosesnya.
Siang ini mamak saya memasaknya, masak lemak. Rasanya cukup “menggigit”. Rasa pedas rempah-rempah berikut geliat samar ‘rasa asap’ begitu lembut membelai lidah. Keluarga kami sangat menggemari makanan pedas kecuali ayah saya. Saya pun tak bisa menahan keinginan untuk beberapa kali menambah. Saya juga sempat bertanya kepada mamak mengapa lemak lele ini cukup pedas padahal jumlah cabenya tidak terlalu banyak. Ia bilang mungkin karena cabe-cabenya juga berasal dari Gayo Lues, dan bisa jadi karena kontur tanah di sana berbeda, tumbuhan-tumbuhannya pun menjadi lebih perkasa.
Ikan Lele Sale

Apabila ingin dicoba di rumah, berikut resepnya. Tapi satu hal, kata mamak saya ikan sale tidak dijual di seputaran Banda Aceh-Aceh Besar. Jadi mungkin perlu sedikit berkorban untuk memperolehnya :). Dan terima kasih juga kepada besan tetangga saya yang begitu baik hatinya.








Bahan
Ikan lele sale                                               3 ekor ukuran sedang, rendam dan bersihkan
Bawang putih & merah                                masing-masing 1 siung besar
Cabe kecil                                                   8 buah
Cabe merah                                                4 buah
Cabe hijau                                                   5 buah
Kunyit bubuk                                                ½ sdt
Ketumbar bubuk                                           ½ sdt
Garam                                                         secukupnya   
Terung  Ungu                                              2 buah, potong kotak memanjang
Daun jeruk                                                  2 lembar
Daun kunyit                                                  sekira seruas jari telunjuk
Kelapa parut                    sekira segenggam tangan, blender dgn blender bumbu, ambil santannya

Cara peracikan
1.    Haluskan semua bumbu kecuali terung, daun jeruk, daun kunyit, dan garam
2.    Nyalakan api, masukkan santan berikut bumbu, terung, daun jeruk & kunyit, serta garam. Tunggu hingga mendidih.
3.    Masukkan lele sale selama kira-kira 10 menit hingga ia ikut mendidih.
4.    Duduk yang manis, dan selamat menikmati. :)

Akhirnya saya ingin mengatakan bahwa makanan mamak kita adalah yang terbaik. Ia dimasak bukan hanya sebagai pemenuh nafsu perut melainkan juga sebagai wujud rasa cinta. I love you, mom!

Wednesday, April 27, 2011 by Muhammad Haekal
Categories: Leave a comment

Leave a Reply