PPL akan Segera Berakhir



Selasa depan insya Allah Praktek Lapangan (PPL) di SMP 4 Banda Aceh akan segera berakhir. Tak serasa dua bulan telah berlalu. Wah, gimana ya perasaan saya?


Sekolah dengan segala rutinitasnya (jujur) sangat menarik bagi saya. Pergi pukul 7.30 dan pulang pukul 14.00. Berhubungan dengan murid dan guru, menyiapkan rancangan pembelajaran, melaksanakan kegiatan di luar mengajar, membantu pelaksanaan kegiatan-kegiatan sekolah. Wah! Semua itu menyenangkan!

Para murid dengan berbagai karakteristik, dari mulai ceria hingga galau (hehe), menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Menjadi bagian dari proses pendidikan mereka menjadi kepuasan tersendiri bagi saya.

Suatu hari, di sela-sela pelajaran di kelas VIII saya bertanya,

“Eh, kalian tau gak nama-nama ilmiah, misalnya padi?”

“Tauu pak! Oryza sativa!” mereka jawab.

“Terus tau gak kalian Carina Sp itu nama ilmiahnya apa?” Saya nanya lagi.

“Hah? Gak pernah dengar, pak!”

“Oke, kalau gitu itu jadi PR kalian! Besok bapak tanya lagi.”

Esoknya.

“Pak! Gak ada! Naaah, itu pasti nama cewek bapak kaan?? Hayoo ngaku!?

Saya hanya menjawab dengan tersenyum. Rupanya mereka membongkar friend list saya di FB, walau belum satu pun dari mereka yang saya confirm sebagai teman (jahat ya saya!).

Sadisnya kabar itu terus menyebar hingga ke kelas-kelas lain hingga suatu kali saat saya masuk di kelas VII para murid secara tidak biasa diam (biasanya mereka aktif (baca: ribut). Ketika saya sampai di meja guru, seperti biasa ketua kelas melakukan ritual ‘bersiap’.

“Bersiaaaaap!” semua murid berdiri.

Lalu serentak mereka berkata sebaris kata yang mengejutkan dan tidak biasa: “Pak Carinaa!”

Dalam hati saya tertawa. Informasi terbang bagai angin. Saya hanya tersenyum. Diam-diam saya menikmatinya, hehe.

Dan satu lagi, kini saat bertemu saya, mereka selalu menyanyikan sebuah lirik lagu, tentunya dengan perubahan yang “mengharukan” (hehe): “Siapa yang cinta pada Carina, pasti……..” dengan irama Haddad Alwi- Rindu Muhammad. Mereka menyanyikannya beramai-ramai.  Saya jadi merasa memiliki ringtone pribadi. Hehe. Belakangan saya tahu bahwa saya ternyata keliru bertanya, saya kira Carina Sp itu nama ilmiah bebek, ternyata 'Cairina'. Tapi gak pa-pa juga lah, hehe.

Bagi saya anak-anak SMP 4 mengasyikkan. Mereka pintar, dan membuat saya semangat melalui PPL yang sebelumnya dikategorikan sebagai mata kuliah yang menguras pikiran, jiwa, dan membangkitkan rasa galau, hehe.

Selain murid, guru-guru di SMP 4 juga sangat baik dalam bersosialisasi dengan kami mahasiswa PPL. Mereka tidak sungkan bercanda, dan tidak jaim. Mereka tampil sebagai manusia, apa adanya. Jika kami butuh bantuan, mereka tidak sungkan membantu. Karena itu, suasana di ruang guru selalu ramai dengan candaan, dan nyanyian para guru! Sungguh tidak terduga dan mantap!

Sungguh dua bulan tidak terasa lama. Dan sedih rasanya membayangkan bahwa beberapa hari lagi saya tidak memakai baju hitam-putih, dan malam tidak memikirkan rancangan pembelajaran. Saya akan merindukan mereka.


momen-momen:
saat pengambilan rapor
pak munzir dan bu vita
siswa bermain scrabble di perpus
menunggu pembagian rapor
menonton pertandingan futsal guru vs murid
kedekatan guru dan murid
fight!
jago ya main voli!
pawai 1 muharram
gaya kali wak!
persiapan sebelum pawai!
mendampingi murid pawai
hujan-hujan tetap semangat
hajar!
peringatan HUT PGRI
murid-murid antusias
potong kue!
dihiasi oleh nyanyian
saling bermaafan
saling bermaafan
guru mengikuti kuis yang diberikan oleh murid
antusias menjawab
ekspresi kemenangan

Wednesday, November 30, 2011 by Muhammad Haekal
Categories: 7 comments

Comments (7)

  1. Huahahahhaha

    Bpk niat pamer yaa ? :p

    Sihhiiiy,,yg dbw kmn2 nama na :D

    Moga cepat nikah !
    *as u wish 4 me :p

  2. G a u l

  3. Gokil !!!

  4. Wahh, Carina Adhitia ternyata ...hahaha mantap kal

  5. Jahat juga qe Kal, si Karin merepet tu.. haha

Leave a Reply