Menjadi Positif

Hari-hari tidaklah selalu indah. Kadang ceria, kadang galau. Kadang ketawa, kadang nangis. Kadang lompat, kadang manjat (emang monyet!), hehe.

Menjadi positif. Itu adalah sebuah tantangan bagi kita semua. Menjadi baik bagi orang lain, bisa membuat mereka tersenyum dan dicintai, adalah salah satu hal terindah di bumi ini. Tapi kemudian, bagaimana jika orang-orang, lingkungan, atau pikiran kita sendiri begitu negatif?

Dalam beberapa detik, kita bisa menjadi positif. Cukup bilang, “aku mau berubah.” Terus menanamkan dalam perasaan bahwa ‘aku memang benar-benar bisa berubah’, kemudian melaksanakan ‘perubahan’, walau hanya 1 derajat. Saya melihat hal ini dalam sebuah diskusi di stasiun tv yang menghadirkan Ippho Santosa sebagai pemateri. Cukup mudah. Cukup berhasil. Syaratnya tinggal kita yakin. Yakin? Hehe. Saya yakin. Dan tentu saja, aksi.

Kemudian bagaimana dengan lingkungan, orang-orang sekitar? Khalil Gibran berkata, “I have learned silence from the talkative, tolerance from the intolerant, and kindness from the unkind. I should not be ungrateful to these teachers.” Dia belajar toleransi dari orang-orang yang tidak toleran, belajar baik dari orang-orang yang tidak baik. Jika kita bertemu dengan orang yang tajam lidahnya dan menyakiti hati kita, kita bisa belajar untuk menjaga kata-kata, jangan sampai orang lain jadi sakit hati gara-gara mulut kita. Kita semua punya hati. Kita tahu perbedaan hitam dan putih. Tinggal kita saja yang memilih, mau mewarnai hati kita dengan cat apa. Saya sih pinginnya putih, walau sering juga terciprat cat hitam, abu-abu deh, hehe.

Akhirnya, menjadi orang baik itu seru. Enak sekali rasanya melihat orang lain bahagia. Dan kita semua mempunyai kemampuan untuk melakukannya! Insya Allah.
 



pic: vi.sualize.us

Monday, January 2, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 2 comments

Comments (2)

  1. (terlalu) banyak belajar dan bergaul dilingkungan ilmu politik membuat otak aku makin negatif bro. makin skeptis, apa2 dipikir negatifnya..hahha...kayaknya semua hal pasti ada jeleknya..hmm, ga gampang jadi orang positif..tp pengen jg sih. semangat lah buat kita..:)

  2. hehe, gak masalah tu. positif2 terus jg mungkin gak terlalu bagus. harus ada negatif biar seimbang.
    thank yop udh mampir dan komen!

Leave a Reply