Berjiwa Muda dan Bijak


Dulu saat masih tujuh belasan, saya begitu mudah melakukan sesuatu. Tanpa peduli konsekuensi. Seperti ketika membangun bisnis. Saya dengan mudah memikirkan konsep, mengeluarkan uang, tanpa menghitung risiko, apalagi ambil pusing soal untung-rugi. Bagusnya, bisnis sempat berdiri, jeleknya yaa saya rugi, hehe.

Sekarang, saat umur menginjak kepala dua, pikiran logis semakin merajalela. Kalau mau buat sesuatu selalu mikir baik-buruk, risiko, untung-rugi. Baiknya, saya tidak rugi, jeleknya yaa saya tidak melakukan apa-apa.

Terus bagaimana?

Jadilah orang dewasa. Orang yang berjiwa muda dan bijak.

Maksudnya?

Berjiwa muda di sini adalah berani. Misal ‘aku pintar berbisnis, maka aku berbisnis’. ‘Aku pintar mengajar, maka aku mengajar’. ‘Aku pintar menulis, maka aku menulis’. Orang muda adalah orang yang berani memulai.

Namun, berjiwa muda saja tentu tidak cukup. Diperlukan pribadi muda yang bijak. Bijak di sini adalah ketika sesuatu itu telah dimulai, belajar lah lebih banyak. Carilah segala informasi yang berkaitan. Berdiskusilah dengan orang-orang yang telah terlebih dahulu menekuninya. Serap pengalaman mereka. Dan teruslah setia menjalani proses.

Contoh?

Wah, banyak sekali! Lihatlah Elang Gumilang, pemuda yang sekarang berumur 27 tahun ini memulai bisnis dari SMA. Dari mulai berjualan donat, sekarang dia telah memiliki perusahaan perumahan yang terkenal karena  program perumahannya yang diprioritaskan untuk rakyat miskin. Elang tidak takut memulai. Dia tidak pula malas belajar. Dan dia setia pada proses. Ada banyak contoh lain tentunya.

Dunia memerlukan orang-orang yang kreatif, inovatif, dan produktif. Orang-orang yang tidak cengeng. Orang-orang yang tidak hanya pandai memprotes, tapi juga memiliki solusi. Dan akhirnya, karena kita tidak pernah tahu berapa lama waktu yang kita miliki di dunia ini, sekarang juga, mulailah menjadi manusia yang berjiwa muda dan bijak: tidak takut memulai sesuatu, serta tekun belajar dan terus setia menjalani proses.

Gak peduli usia muda atau tua, yang penting jiwanya muda dan bijak! Kita bisa! Insya Allah.
  
sumber gambar: vi.sualize.us

Wednesday, March 28, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 2 comments

Comments (2)

  1. Insyallah kalau ada niat pasti ada jalan..
    semoga kita jadi org dewasa yang berjiwa muda dan bijak :)

  2. Amin. Insya Allah.
    makasih udh ngunjung dan komen

Leave a Reply