Waktu Luang



Waktu luang tidak pernah ada. Yang ada hanya meluangkan waktu. Kalimat itu keluar dari mulut seorang teman. Saya masih mengingatnya sampai sekarang.

Waktu luang memang sering dijadikan kambing hitam. Ketika seseorang tidak dapat menyelesaikan suatu pekerjaan, waktu luang dijadikan alasan. Saat tidak bisa memenuhi ajakan teman untuk ngumpul, waktu luang kembali dijadikan persoalan. Maka kembali pertanyaannya, pernahkah kita meluangkan waktu?

24 Jam

Sadar atau tidak, kita selalu merasa sibuk. Merasa ada saja yang harus dikerjakan. Merasa 24 jam waktu yang kita miliki sudah terisi penuh dengan berbagai kegiatan.

Saya tidak ingin menggeneralisasikan ini, tapi saya mengenal seseorang yang begitu aktif berorganisasi. Dia juga mahasiswa di Fakultas Kedokteran: sebuah disiplin ilmu yang menuntutnya untuk belajar keras. Hebatnya, dia mampu membagi waktu. Sesempit apapun, dia masih bisa meluangkan waktu untuk bertamasya bersama keluarga. Berkumpul dengan teman-teman. Melakukan hobi favorit: menggambar komik. Dan jalan-jalan dengan calon istrinya. Alhasil, dia tidak kehilangan kehidupan. Peliknya kegiatan tidak membuatnya menjadi robot.

Akhirnya, jika kita selalu merasa sibuk, ada baiknya kita bertanya kepada diri sendiri: pernahkah kita meluangkan waktu? Untuk beribadah kepada Allah. Berbakti kepada orang tua. Berkumpul bersama teman-teman. Berkecimpung di tengah masyarakat. Belajar dengan tekun. Menulis skripsi. Menikmati hasil jerih payah sendiri, dan lain sebagainya. Pernahkah?

Semoga bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah berkunjung. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. Sila share jika suka :)



Friday, November 2, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 6 comments

Comments (6)

  1. T_T
    sebentar lagi aku mungkin tidak bisa meluangkan waktu lagi... pelan-pelan aku frustasi... hehe...

  2. wish u all the best :) insya Allah.
    just don't lose yourself

  3. Pukulan telak buat aku bang :(

  4. Yang penting manajemen waktunya. Insya Allah bisa, aku pun gitu. Skripsi jalan, buat kue jalan, ngumpul sama kawan2, jalan-jalan sama keluarga :)

  5. @Ms.Arimbi: manajemen waktu ya..sipp! insya Allah. thank kakak duta bahasa!

  6. @Rizqi Putra:
    bagus deh!
    hahaha

Leave a Reply