2013


Dalam hitungan jari, bulan Desember akan segera berlalu. Januari datang. Tahun baru! Banyak hal yang telah kita lakukan di tahun ini. Jumlah rencana-rencana yang berhasil juga mungkin sama banyaknya dengan yang gagal.  Banyak momen-momen yang terjadi. Entah itu membahagiakan atau yang membuat kehidupan kita mendadak berubah. Ya, apapun itu, semua telah berlalu. Saatnya menyusun rencana baru untuk satu tahun ke depan!

Membuat rencana adalah hal yang menarik juga produktif. Ya, minimal kita memiliki target, tidak bingung lagi dengan apa yang nanti akan kita lakukan. 

Rencana dalam hal ini haruslah jelas, gamblang, realistis, dan tidak bersifat umum – seperti “di tahun 2013, aku ingin menjadi sukses.” Ya, rencana seperti itu hebat, cuma masih terlalu kabur. Kita harus membuatnya lebih spesifik, misal “Pada tahun 2013, aku akan mengirim 7 tulisan setiap minggu ke media massa. Menulis minimal dua halaman naskah novel setiap hari. Mengikuti perlombaan menulis apa saja. Membuka jasa terjemahan Inggris – Indonesia. Mempertimbangkan lowongan kerja yang berhubungan dengan kepenulisan.”

Rencana yang saya contohkan di atas adalah perihal karir. Tentunya masih banyak bidang-bidang lain yang bisa kita susun perencanaannya. Mudah-mudahan dengan berbuat demikian, kita akan lebih sukses di tahun 2013. Dan ingat, setelah berencana, jangan lupa untuk beraksi!

Akhirnya, semoga tulisan kali ini bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca. Salam :)

Sunday, December 23, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 4 comments

Comments (4)

  1. mantapp...

  2. @anonim: alhamdulillah. thank yaa :)

  3. Sukses ya sobb.. :)
    Semoga kita jadi lebih baik..

  4. @ben: amiiin, ya Allah. thank bro!

Leave a Reply