Teladan



Suatu hari, seorang bapak tidak sengaja memergoki anaknya merokok. Dia marah besar. Anaknya dinasihati panjang-lebar. Uang jajannya juga terancam dikurangi. Setelah melakukan itu semua, si bapak merogoh saku baju untuk mencari sesuatu. Tidak ditemukan. Ia pun berganti merogoh saku celana tapi benda itu belum juga didapat. Putus asa dengan pencariannya, ia memanggil sang anak yang sudah masuk ke kamar setelah diceramahi.

“Andi, bisa tolong beli rokok bapak di warung?”

Mereka Melihat

Sebagai orang dewasa, disadari atau tidak, kita gemar menasihati: anak-anak tidak boleh merokok, buang sampah pada tempatnya, shalat tepat waktu, dan berbagai macam jangan ini-harus itu lain.

Lucunya, sebagai penasihat, kita terkadang lupa bahwa (secara tak sadar) kita memberikan teladan buruk bagi anak-anak. Banyak orang tua menyuruh anak mereka shalat tepat waktu, sementara sang anak juga setiap hari melihat orang tuanya menonton sinetron saat azan. Hampir semua orang tua marah melihat anaknya merokok, dan hampir setiap saat pula seorang ayah menyuruh anaknya membelikan rokok untuknya.

Anak-anak melihat yang kita lakukan. Mereka mempelajarinya. 

“Kenapa ayah boleh merokok? | Kenapa ibu buang sampah sembarangan? | Kenapa abang boleh pacaran? | Kenapa aku tidak boleh melakukan itu semua?

Penasihat yang Baik

Mulai sekarang, ada baiknya kita menjadi penasihat yang baik: penasihat yang melakukan apa yang ia nasihati. Dengan memberikan teladan langsung lewat perbuatan, mudah-mudahan segala macam nasihat akan lebih mudah berjalan.

Semoga bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca :)



Sunday, December 30, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 5 comments

Comments (5)

  1. good words

  2. jelas orang tua adalah teladan, ingat hadih madja dulu meunan du meunan aneuk :)

  3. children learning from actions not words :)

  4. Bgus.. tpi bg kl blh ksh sran kl bsa crta awalnya itu lbh d kmbngkn lg idenya, jd org trtrk utk mmbca smpai hbz.. krn dr crta awalny bsa jd org sdh bsa mnbk ap yg ingin d smpaikan, sehingga mgkn mlas utk mmbaca tulisan slnjtnya. Scra kslrhan bgus skli tlsanny.. ringan tpi pnya mksd dn tujuan yg jlas serta mkna yg bgus.. tetap semangat berkya bg.. :)

  5. @zakia: alhamdulillah. thank, bu!
    @aulia: iya bang. banyak ortu yg gak sadar telah memberikan teladan buruk bagi anak mereka.
    @devy: yeah!
    @cut: oke deh, makasih ya sarannya!
    thank ya udah ngunjung & komen :)

Leave a Reply