Perempuan dan Berat Badan



Semalam, sambil menunggu pesanan nasi uduk datang, seorang teman saya bercerita tentang calon istrinya yang hampir setiap hari mengeluhkan soal berat badan.

“Ayang, aku nampak gemuk ya? | iiihh, gimana ini, minggu ini aku naik dua kilo! | gak mau makan, ah! Biar kurus!”

Menurut teman saya, berat badan calon istrinya sudah ideal dan jikapun naik tiga-empat kilo bukanlah masalah. Namun lama-lama teman saya cemas dengan pertanyaan-pertanyaan itu. Ia khawatir calon istrinya malah terobsesi menguruskan berat badan sehingga hasilnya malah berlebihan. Ia teringat dengan seorang teman perempuan yang sebelumnya memiliki berat badan ideal, namun sekarang sudah turun drastis sekali sehingga ia malah terlihat pucat dan sakit.

Perempuan memang selalu khawatir soal berat badan. Naik satu-dua kilo adalah musibah, tiga-empat kilo adalah kiamat. Menarik untuk mengetahui alasan utama perempuan ingin kurus. Apakah karena alasan kesehatan, menarik lelaki, atau agar eksis dalam pergaulan? Saya memang tidak pernah langsung bertanya tentang ini kepada teman saya yang perempuan. Tapi jika alasan mereka untuk menarik perhatian lelaki, persepsi ini mungkin harus sedikit diluruskan.

Lelaki – Aceh – umumnya tidak suka dengan perempuan yang kurusnya keterlaluan atau gendutnya keterlaluan. Saya tidak ingin mengatakan semua lelaki berpikir seperti itu. Bisa jadi para pria yang tinggal di Jakarta, Paris, New York, atau Madrid, memiliki selera yang berbeda. Makanya ketika seorang perempuan bertubuh ideal datang dan mengeluh bahwa dia gendut, banyak lelaki di sini yang heran dan bertanya-tanya, “Jangan-jangan ia menggunakan standar para model di Paris.”

Dear sisters, begitulah kira-kira lelaki berpikir.

Akhirnya, sebagai penutup, saya ingin mengatakan bahwa bagaimanapun tubuh memang sesuatu, tapi bukan segalanya. Hati yang luar biasa baik, lebih menentramkan dari tubuh yang luar biasa ideal.

Semoga bermanfaat ya. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca :)

Saturday, June 22, 2013 by Muhammad Haekal
Categories: 1 comment

One Comment

  1. andaikam semua laki2 berfikir begitu :D

Leave a Reply