Adiós


Dapatkah dua orang yang saling mencintai hidup bersama? Tanpa perlu banyak bertanya, tanpa repot menyamakan visi kehidupan, tanpa berlelah-lelah mempertahankan pendapat. Cukup menjalaninya saja dengan apa adanya. Menghadapi yang memang harus dihadapi. Mengalah ketika memang harus demikian. Menyesuaikan diri dengan keadaan.

Apakah cinta harus selalu diikuti dengan pertanyaan “kenapa”? Yang lalu dipaksakan dengan keluarnya kata-kata sifat positif—baik, alim, sopan, cantik, pintar, nyaman, tampan, dan semacamnya. Padahal jika kita benar-benar jatuh cinta dengan seseorang, lalu meletakkan semua atribut positif tadi kepada orang lain, apakah dapat muncul rasa yang sama saat itu juga?

Semua membuat saya kembali ke pertanyaan paling dasar: apakah kita benar-benar jatuh cinta? Atau mungkin semua itu benar, hanya saja dengan semakin dewasanya kita, semakin bercabang pula pikiran ini dengan berbagai ketidakpastian masa depan—yang tanpa sadar mempertegas, betapa tidak saling percayanya kita untuk berlayar di perahu yang sama.

Sepertinya, untuk mencintai, kita cukup belajar dari anak-anak saja: tanpa syarat, tanpa apa-apa. Cinta adalah cinta semata. []

Dulu kita pernah percaya bahwa cinta selalu menyediakan dua cangkir kopi untuk berdiskusi. Kala semuanya tidak tersaji lagi, kita mulai bingung, harus dinamakan apa semua ini?

Barangkali ini adalah sebuah akhir. Semoga sukses. Adiós!


sumber gambar: www.alessandrabajec.com

Friday, November 21, 2014 by Muhammad Haekal
Categories: 8 comments

Comments (8)

  1. Galau Kal... ya pada dasarnya cinta memang melihat hal positif yang spesial dr org ya g d cintai...

  2. Yap, cool.
    I like this quote:
    Sepertinya, untuk mencintai, kita cukup belajar dari anak-anak saja: tanpa syarat, tanpa apa-apa. Cinta adalah cinta semata.

  3. @afri: mmm. ada benarnya juga :)

    @sarah: sip!

    @lintasanpenaku: :)

  4. Some people are meant to fall in love with each other but no meant to be together, keep writing :-)

  5. Yop.
    Insya Allah.
    Thanks :)

  6. Semoga sukses ya..

Leave a Reply