Fobia-fobia Unik yang Menyerang Manusia

Fobia adalah rasa takut yang gila, berlebihan, dan kadangkala tidak bisa dimengerti oleh orang yang tidak mengalaminya. Fobia biasanya tercipta oleh kejadian atau pengalaman buruk terhadap suatu hal.

Di bawah ini adalah beberapa fobia yang tercatat pernah menyerang manusia. Anda menderita salah satunya?

1. Papyrophobia


usberstop.wordpress.com
Papyrophobia adalah fobia terhadap kertas. Fobia ini biasanya menyerang mahasiswa yang tidak begitu lancar dalam menulis skripsi. Jika terjadi dalam waktu yang lama, fobia ini akan membelah diri menjadi Chronophobia, yaitu ketakutan terhadap waktu. Cemas memikirkan drop-out. Klimaksnya, si penderita akan merasakan Ecophobia, yaitu fobia terhadap rumah. Tidak berani pulang kampung.

2. Arithmophobia

uniqpost.com
Arithmophobia adalah ketakutan berlebih terhadap angka. Dulu fobia ini sering menimpa para siswa yang tidak suka matematika. Sekarang, fobia ini menyerang mahasiswa yang tidak memiliki banyak IPK atau skor TOEFL-nya masih belum mencukupi sebagai syarat sidang. Lebih lanjut, fobia ini bisa memunculkan Telephonophobia, takut terhadap telepon. Khawatir jika ditanya kapan wisuda.

3. Philophobia

fearsandphobias-network.tumblr.com
Ini adalah salah satu jenis fobia yang paling berbahaya. Philophobia adalah fobia jatuh cinta. Penderitanya adalah orang yang dulu pernah tersakiti atau mengalami pengalaman buruk dengan cinta. Jika terjadi pada perempuan, fobia ini dapat melahirkan Androphobia (takut terhadap laki-laki). Sementara lelaki bisa menjadi khawatir berhubungan dengan perempuan (Gynephobia) atau bahkan merasa dingin dengan perempuan cantik sekalipun (Venustraphobia). Lebih lanjut, si penderita bisa menjadi begitu takut dengan memorinya sendiri (Mnemophobia), takut mendengarkan suatu nama (Onomatophobia), takut jalan-jalan (Hodophobia), bahkan takut pergi ke laut (Thalassophobia)—yang memang terkenal bisa membangkitkan banyak kenangan.

4. Atychiphobia

morethansound.net
Atychiphobia adalah fobia terhadap kegagalan. Sering menimpa seseorang yang terlalu sering gagal dalam melamar beasiswa, pekerjaan, atau perempuan. Turunan dari fobia ini adalah Decidophobia (takut mengambil keputusan), Testophobia (takut mengikuti tes), dan bahkan Demophobia (takut bertemu orang dan ditanya-tanya soal itu).

5. Dentophobia

analisadaily.com
Dentophobia adalah takut berkunjung ke dokter gigi. Untuk tahun 2014 ini, hal ini sungguh disayangkan mengingat banyak dokter gigi yang baik, hangat, dan mempesona.


6. Epistemophobia


oxehealth.com
Epistemophobia adalah fobia yang cukup menyakitkan sekaligus merugikan, yaitu takut terhadap ilmu pengetahuan. Fobia ini lebih lanjut menyebabkan Bibliophobia (takut membaca buku), Sophophobia (takut belajar), Graphophobia (takut menulis), hingga Doxophobia (takut mengutarakan pendapat).

7. Omphalophobia

vimeo.com
Kita harus mendoakan agar penderita Omphalophobia bisa segera pulih. Fobia ini menyebabkan seseorang sangat takut terhadap pusar (miliknya sendiri atau orang lain). Masalahnya, pusar adalah sesuatu yang selalu mengikuti ke mana pun ia pergi.

8. Dikephobia

ww3.hdnux.com
Dikephobia adalah fobia terhadap keadilan. Penderitanya cukup sering terlihat di media massa. Penderita fobia ini biasanya juga takut mendengar pendapat orang lain (Allodoxaphobia), terutama yang dekat dengan kebenaran.

9. Logophobia

glogster.com
Logophobia adalah ketakutan berlebih terhadap kata-kata. Kemungkinan, penderitanya adalah korban PHP yang juga bisa jadi sangat takut dengan kata-kata yang panjang (Hippopotomonstrosesquipedaliophobia).

10. Aurophobia

galleryhip.com
Aurophobia adalah fobia terhadap emas. Biasanya diderita oleh para pemuda yang telah memiliki kekasih hati namun belum giat dalam mengumpulkan rezeki (baca: mahar).

Itulah beberapa fobia yang diderita oleh manusia. Jika pembaca sedang mengalaminya, kami mendoakan agar segera pulih. Insya Allah.

Jenis-jenis fobia tersebut bisa dilihat di situs Phobia List.

Semoga bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung :)

Monday, November 24, 2014 by Muhammad Haekal
Categories: , 6 comments

Comments (6)

  1. Aku kira orang sekarang cuma terlalu hobi menjuluki sesuatu, perasaan yang biasa-biasa aja udah disebut phobia.

  2. Hahaha. Kalo yang biasa-biasa aja memang bukan fobia Nyonya Yuni.
    Rasa takut fobia itu memang gila-gilaan. Kita baru ngerti, kalo ngalamin langsung :D
    Eh, ambil batu cincin lah satu di sana. Yang belom diasah bisa juga. hahaha

  3. Madu panga? Giok nagan raya? Lavender? Jeruk?
    Jangan rugi bekawan sama orang Pantai Barat -_-"

  4. oma. ngeri that lagoe. sang peunoh aneuk jaroe droen ngon batee cincin. hahaha.
    lon hana that muphom batee. hahaha. teuma lon galak yg warna ijo bening mantong. kiban na?
    :D

  5. 5. Dentophobia
    Jadi cuma di tahun 2014 aja yang ada dokter gigi yang baik, hangat, dan mempesona? tahun lain gk ada?

Leave a Reply