Resep Antisukses


Saya tidak bercanda. Ini adalah tulisan yang serius. Saya harap Anda membacanya baik-baik.

Sebut saja kiat-kiat di bawah ini sebagai “Resep Antisukses”. Resep ini telah dibuktikan kesaktiannya dari generasi ke generasi. Siapapun yang menerapkannya niscaya akan antisukses.

Berapa umur Anda sekarang? Jika Anda berusia muda, saya menyarankan Anda segera mengikuti kiat-kiat berikut agar antisukses. Semakin cepat, semakin baik. Atau jika Anda sudah berusia lanjut, jangan berkecil hati. Tidak ada kata terlambat dalam perjuangan, bukan?

Baiklah. Simak ini baik-baik.

Untuk menjadi orang yang antisukses, pertama Anda harus menjadi orang yang pesimis. Pesimislah sepesimis-pesimisnya. Rendahkanlah diri Anda. Anggaplah Anda tidak punya kemampuan dan kelebihan apa-apa. Atau jika Anda tak sanggup menganggap diri tidak punya keistimewaan, berpikirlah jika hal tersebut takkan membawa Anda ke mana-mana. Yakinlah bahwa setiap usaha yang Anda buat akan mengalami kegagalan. Jadilah orang bijak-antisukses yang lebih memilih tidak ikut berperang daripada kalah. Optimislah bahwa kepesimisan Anda itu 100% benarnya. Jadilah pessimist yang total. Jangan biarkan siapapun mempengaruhi kepesimisan Anda. Ingat, hal itu adalah anugerah terbesar dalam hidup Anda.

Kedua, tundalah segala rencana Anda. Eh, sebelumnya saya menyarankan ada baiknya Anda tidak memiliki rencana apapun dalam hidup. Itu tidak penting sama sekali. Buang-buang tenaga. Namun jika Anda telah kadung memilikinya, tak apa. Yang penting Anda harus terus menunda-nunda perbuatan agar rencana itu tak pernah terlaksana. Ulurlah waktu. Tidurlah sepanjang hari (saya menyarankan waktu pagi). Percayalah bahwa umur Anda masih panjang dan hari esok masih dapat Anda tentang. Jika masih terlalu sulit, saya menyarankan agar Anda sedikit mengakali hati Anda—yang sepertinya masih bercahaya—dengan berimajinasi seakan-akan rencana hidup Anda akan menemukan jalannya sendiri, tanpa perlu usaha sama sekali. Berangan-anganlah bahwa Anda sedang sukses dalam pikiran—ingat, dalam pikiran, bukan kehidupan nyata. Jadi dengan terpuaskannya Anda dengan angan-angan yang panjang itu, semakin sukseslah Anda dalam khayalan dan semakin antisukseslah Anda dalah kenyataan. Itu yang kita cari, bukan?

Nah. Itulah dua Resep Antisukses mumpuni yang telah terbuktikan kehandalannya oleh sejarah. Anda sudah paham? Atau tak sabar ingin segera praktik? Wah, tunggu dulu, hadirin di sebelah sana masih meminta kiat-kiat lainnya. Sebenarnya dua tadi sudah memadai. Tapi baiklah, kawan. Semakin banyak kiat, semakin bagus. Sekarang dengarkan.

Mulai sekarang, Anda harus mengabaikan segala kesempatan untuk berkembang. Jadilah orang yang biasa-biasa saja. Jangan pernah pergi dari zona nyaman Anda. Bergantunglah secara terus menerus dengan orang lain. Jika ada sebagian orang yang gemar merantau dalam kehidupan mereka, jangan ikuti itu! Mereka akan sukses! Ingat, Anda sedang belajar untuk antisukses. Maka, berusahalah untuk terus-menerus bergantung pada manusia. Misal, jangan sekalipun malu meminta uang pada orang tua sekalipun Anda sudah tua. Jadilah anak burung kecil yang mulutnya tidak pernah berhenti minta disuapi selamanya.

Langkah selanjutnya, Anda harus berprasangka buruk kepada Tuhan. Camkan di dalam jiwa bahwa Anda lahir tanpa membawa rezeki ke dunia, hanya ketelanjangan belaka. Percayalah bahwa segala usaha yang sedang Anda lakukan, takkan mengubah takdir yang telah dititahkan. Jadi daripada repot berjuang, lebih baik duduk berpangku tangan.

Terakhir, Anda harus mengeluh sepuas-puasnya. Katakan kepada dunia bahwa kehidupan Anda adalah kesialan belaka. Temui orang tua, teman-teman, atau kenalan Anda, dan sampaikanlah dengan berbusa-busa betapa membosankannya kehidupan Anda. Kutuklah semua hal yang bisa Anda kutuk. Hinalah diri Anda. Hinalah orang-orang yang berusaha dan anggaplah mereka hanya tukang cari perhatian semata. Tutup, tutup mata dan telinga Anda dari nasihat, kritik, perkataan, tulisan, atau apapun yang sifatnya positif. Anggaplah semua itu hanya gurauan dari orang-orang yang sok tahu akan makna kehidupan.

Habis!

Itulah Resep Antisukses yang saya jamin tak pernah gagal dalam membuat orang gagal. Ingat, jika Anda bermimpi untuk menjadi orang antisukses, itulah vitaminnya! 

Jangan lakukan sebaliknya, ya! Nanti Anda akan sukses! Oke, Anda sudah paham? 

Semoga bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung :)


Friday, December 5, 2014 by Muhammad Haekal
Categories: , 4 comments

Comments (4)

Leave a Reply