Rahasia


Bicara tentang rahasia, sebagian orang memang tidak bisa dipercaya. Mereka tenang saja menjualnya dengan harga murah bahkan cuma-cuma. Mereka memiliki kesulitan besar membedakan mana informasi yang seharusnya disimpan dan mana yang boleh diumbar. Orang-orang seperti ini sulit menutup mulut bahkan ketika kita sudah berkata, "Tolong jangan ceritakan ke siapa-siapa."

Orang-orang kemudian terbagi ke dua kelompok besar: mereka yang perhatian dan mereka yang sekadar penasaran. Sialnya, keduanya kadang-kadang susah dibedakan sebelum kita membagi rahasia dan melihat bagaimana mereka memperlakukannya.

Pengalaman saya buruk dalam hal ini. Beberapa kali hal-hal yang sangat pribadi berakhir di bualan meja makan atau kedai kopi. Saya terkadang berpikir apakah orang tersebut tahu apa yang sedang ia lakukan, apa implikasinya bagi rasa saling percaya antara teman. Sayang sekali sepertinya tidak.

Saya hampir tidak memiliki manusia yang bisa saya percayai sekarang.


Friday, September 16, 2016 by Muhammad Haekal
Categories: 3 comments

Comments (3)

  1. Orangtua menurut saya selalu bisa saya percayai

Leave a Reply