Setelah Semuanya


Setiap hari di dalam kehidupan, kita selalu mengejar apa yang kita inginkan. Berburu pendidikan. Merintis karir. Mengejar passion. Mencari hiburan. Mengusahakan cinta. Dan segala macam hal lainnya. Lalu kemudian, andaikata suatu hari nanti semuanya dapat kita peroleh, setelah itu apa lagi?

Saya hanya tiba-tiba terpikir hal ini. Setelah semua hasrat kehidupan kita terpenuhi, kita semua akan mati. Itu pasti.

Saya ingat dulu pernah berbicara dengan seorang Kepala Desa yang takut sekali naik kapal laut. Saat ditanya alasannya, ia berkata: “Di laut, kaki saya tak bisa berpijak. Di sana, manusia bukanlah penguasa.” Bapak tersebut kemudian memberi contoh seorang manusia yang dikejar oleh harimau di hutan. Ia bisa berlari, bersembunyi, naik ke atas pohon, atau menggunakan segala macam benda di hutan untuk mempertahankan diri. Tapi andaikata di tengah samudera manusia itu diburu oleh hiu, ia hanya bisa berenang–dan itu sungguh tidak mencukupi.

Ini mirip dengan dunia dan akhirat. Di dunia kita masih bisa berkelit. Lari sana-lari sini. Berbuat sesuka hati. Tapi di akhirat nanti? Hanya Allah SWT saja yang punya kuasa. Kita? Hanya bisa menerima konsekuensi dari segala hal yang telah kita lakukan di dunia.

Kematian adalah salah satu rahasia Allah SWT. Kita tidak pernah tahu kapan malaikat maut datang menghampiri. Oleh karena itu, ada baiknya mulai dari sekarang kita mencoba berpikir lagi: sudahkah kita bertakwa kepada Allah SWT? Jika ya, mari kita berniat untuk istiqamah. Jika belum, sekaranglah waktunya untuk berubah. Selagi masih ada waktu.

Semoga bermanfaat. Insya Allah. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung :)

sumber foto: dok. pribadi

Saturday, May 3, 2014 by Muhammad Haekal
Categories: 11 comments

Comments (11)

  1. Di sana, manusia bukanlah penguasa.

    Nice artikelnya dek haekal.

  2. menarik, menginspirasi ...

  3. keren.. hikmahnya nendang banget bg (y)

  4. alhamdulillah :)
    terima kasih rakan-rakan.

  5. waaah.... jd introspeksi ni karl!
    smoga yg dikejar segera dapt dan setelah dpt ga lupa Allah :D

  6. Aamin. Smoga kita senantia dlm jalan y lurus. ^^

  7. tobat aq kal...keren

  8. @lintasanpenaku: amiin, ya Allah.

    @isni & @afri: alhamdulillah. sipp! :)

    thanks rakan :)

Leave a Reply