Hanya Sempat Menulis di Malam Hari? Baca ini!


Banyak orang yang memiliki hobi menulis tapi terjebak dalam pekerjaan lain. Dari pagi hingga sore mereka harus berkutat sebagai mahasiswa, akuntan, pengacara, dokter, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya. Seringkali waktu yang tersedia untuk menulis hanya malam hari. Sialnya saat itu badan sudah lemas, pikiran sudah lelah, belum lagi kewajiban rumahan yang menunggu untuk diselesaikan.

Bagi yang menyukai menulis, tentu saja ada sebuah impian agar karyanya dapat terbit di media atau bahkan menjadi buku. Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menggunakan waktu malam secara produktif? Berikut saya terjemahkan 10 tips Áine Greane dari bukunya Writer With a Day Job (dikutip dari writerdigest.com). Semoga bermanfaat!

1. "Saya capek!" Terjebak di antara jalanan macet, tumpukan tugas, dan beban pekerjaan, rasanya kita merasa lebih stress dari sepuluh tahun yang lalu. Jika Anda terlalu lelah untuk melanjutkan novel atau tulisan, jadilah realistis. Bersandarlah di bantal dan tulislah satu halaman kecil. Lakukan hingga mata Anda tertutup.

2. Keluargaku sedang menonton TV. Cari sebuah ruangan yang tenang, jauh dari ruang keluarga atau pergilah ke kamar tidur lebih awal, jangan lupa membawa laptop atau buku note kecil. Anda bisa juga turut menonton televisi dan mencatat dialognya, mungkin bisa menjadi sumber inspirasi Anda dalam menulis.

3. Waktu pulang = waktu keluarga. Sebelum pulang ke rumah, singgahlah selama 30 menit di cafe, pustaka umum, atau tempat-tempat lain yang membuat Anda nyaman. Belilah minuman yang Anda suka, amatilah pemandangan sekitar, dan kemudian tulislah beberapa halaman. Setidaknya saat tiba di rumah, beban Anda telah berkurang dan  waktu keluarga pun terasa lebih tenang dinikmati.

4. Saya hanya ingin bersantai dan berkumpul dengan teman. Jika beban pekerjaan Anda sangat berat, gunakanlah menulis sebagai sebuah cara untuk bersantai. Tumpahkanlah segalanya dalam tulisan Anda.

5. Saya pulang terlambat dan saya kelaparan! Mungkin cara ini terkesan buruk, tapi saya suka membaca selagi makan. Saya juga suka mengunyah snack saat sedang menulis jurnal atau mengedit draft. Jika Anda tinggal sendirian, hal ini bisa menjadi pilihan. Atau jika Anda memiliki pasangan, mungkin Anda bisa makan di luar, jadi di rumah Anda bisa konsentrasi menulis.

6. Saya insomnia tengah malam, jadi saya harus tidur lebih awal. Banyak ahli, menyarankan agar Anda tidak resah saat hal ini terjadi. Jika Anda terbangun tengah malam, Anda bisa mencoba tidur kembali atau bisa pula menghidupkan lampu kemudian membaca atau menulis.

7. Perusahaan tempat saya kerja berbasis di tiga zona waktu jadi ponsel saya terus berdering sepanjang malam. Kecuali Anda adalah seorang customer service, matikan ponsel. Lanjutkan menulis. Jika mereka benar-benar membutuhkan Anda, biasanya setiap kantor memiliki nomor telepon rumah Anda.

8. Tapi ini waktu saya dengan anak-anak! Tunggu sampai mereka tidur. Kemudian seduhlah secangkir teh herbal untuk Anda nikmati dan menulislah hingga tiba waktu tidur Anda. Sebagai alternatif, Anda juga bisa memanfaatkan waktu bersama anak untuk mengajak mereka menulis bersama. Jika mereka menyukainya, itu bisa menjadi pengalaman keluarga yang menyenangkan dan mereka berpotensi menjadi penulis handal di masa depan nanti.

9. Waktu malam lebih sibuk dari siang! Tidak seorang pun ingin menjadi pertapa. Dengan menjadi penulis, maka Anda harus memiliki keberanian untuk meninggalkan beberapa pekerjaan lain. Buatlah daftar kegiatan yang kira-kira bisa Anda tinggalkan. Belajarlah untuk mengatakan "tidak" untuk setiap undangan yang datang.

10. Saya tidak merasa hebat di malam hari! Jangan bicara begitu. Anda punya banyak waktu untuk kembali meninjau dan memperbaiki tulisan Anda. Atau jika memang Anda merasa sangat sulit menulis di malam hari, setidaknya Anda bisa menggunakan waktu itu untuk berpikir ringan mengenai tulisan yang sedang Anda kerjakan

Demikianlah tips dari Áine Greane. Kesimpulannya, walau waktu malam terasa berat, setidaknya setiap malam tulisan kita terus berjalan walau hanya satu halaman. Dan dengan terus berlatih setiap hari, insya Allah kemampuan menulis kita akan semakin tinggi! Semoga bermanfaat yaa. Salam.




sumber gambar:

Friday, July 6, 2012 by Muhammad Haekal
Categories: 3 comments

Comments (3)

  1. Great. tips yang sangat bermanfaat kal :)

  2. alhamdulillah, makasih kak!

  3. semoga bermanfaat untuk aku ... hahhahaha great job man ...

Leave a Reply